Inikah Konsep Kontroler Unik untuk PlayStation 4?

Setelah sekian lama menggunakan kontroler game DualShock yang sama, yakni sejak kehadiran PlayStation di tahun 1997, PlayStation 2 hingga PlayStation 3, Sony akhirnya akan membuat pembaharuan pada kontroler game konsolnya untuk PlayStation 4. Vendor asal Jepang tersebut mematenkan konsep kontroler terbarunya yang cukup unik karena selain dilengkapi dengan motion-control, kontroler baru tersebut juga bisa dibelah sehingga menjadi 2 bagian.


Santer dikabarkan bahwa Sony akan meluncurkan konsol game PlayStation 4 tahun depan. Untuk melengkapinya, Sony akan menyertakan kontroler game baru yang unik. Sony sendiri telah mematenkan konsep tersebut dengan nomor U.S. Patent 20120302347A1 dengan nama detail “hybrid separable motion controller” dimana kontroler tersebut menyerupai kontroler DualShock sebelumnya yang dilengkapi 2 bola sensor yang disebut PlayStation Move yang melekat pada kontroler tersebut.
Konsep yang diusung tersebut hampir sama dengan kontroler dari Wiimote dan Nunchuk yang juga bisa dipisah bagian kanan dan kiri untuk hand input. Namun, kontroler yang dipatenkan Sony tersebut kelihatannya selangkah lebih maju karena 2 bagian yang bisa dibelah dan digabungkan kembali setiap saat, semuanya tanpa mengurangi jumlah tombol yang tersedia.

Dalam paten tersebut, Sony juga menyoroti masuknya sensor koneksi untuk menentukan apakah kontroler tersebut dalam konfigurasi terhubung atau terputus. Tentunya, dengan adanya sensor tersebut, para pengembang bisa mencoba untuk membuat game yang bisa memanfaatkan kelebihan unik dari kontroler baru tersebut. Bagaimana bentuk pemanfaatan tersebut? Kita tunggu saja realisasinya!

SUMBER
Previous
Next Post »

Link Pemerintah

Kota Jambi
Sungai Penuh
Pustekkom
Gebyar TIK
Smansa Dedikasi
Kemendikbud
Rumah Belajar
NISN
TV Edukasi
Indonesia