Review Dynasty Warriors NEXT PS Vita: Raja “Musou” Dengan Rasa Berbeda


Dari semua game yang lahir perdana di masa awal kelahiran Playstation 2 dulu, nama Dynasty Warriors melejit menjadi salah satu game yang paling mengejutkan di masa itu. Tecmo Koei berhasil meramu sebuah pertarungan masif dalam sebuah mekanisme gameplay yang luar biasa sederhana. Kehadiran Dynasty Warriors memberikan eskalasi pada sebuah game hack and slash, dimana pertempuran dibuat dalam skala yang begitu besar dengan jumlah musuh yang banyak. Kemudahan untuk mengeksekusi setiap gerakan dan misi menjadi nilai lebih yang membuat game ini semakin dinikmati. Satu kesimpulan dari setiap Dynasty Warriors adalah mereka selalu adiktif.
Sebuah kesalahan besar untuk mengkategorikan Dynasty Warriors sebagai sebuah game hack and slash. Tecmo Koei mengkategorikannya dalam sebuah genre baru bernama “Musou”, yang kemudian berlanjut dan menjamur ke banyak seri lainnya. Musou sendiri berarti “The Only One” atau “Without Equal”, yang memang menggambarkan keseluruhan gameplay yang ada. Anda akan berperan sebagai karakter yang didesain berpengaruh besar untuk menentukan jalannya pertempuran, mampu membunuh ratusan hingga ribuan tentara musuh dengan mudah. Sense of epicness lahir dari perasaan menjadi “Superhero” di masa lalu dengan tombak dan pedang. Hal inilah yang ditawarkan oleh Dynasty Warriors dari seri pertamanya hingga saat ini.

Kelahiran handheld terbaru dari Sony – Playstation Vita ternyata juga menarik Tecmo Koei untuk melahirkan seri Dynasty Warriors untuknya. Dengan segudang fitur dan fungsi yang berbeda dibandingkan konsol rumahan, PS Vita menyediakan pontesi untuk melahirkan sebuah seri Dynasty Warriors yang berbeda. Dynasty Warriors NEXT menjadi proyek ambisius pertama bagi Tecmo Koei untuk membawa franchise lawas ini ke arah yang berbeda. Bagi Sony, ini juga menjadi ajang pembuktian seberapa baik PS Vita untuk menghadirkan sebuah pertempuran masif dengan begitu banyak elemen di dalamnya.
Lantas bagaimana dengan performa Dynasty Warriors NEXT secara keseluruhan? Desain dan fitur seperti apa yang diadaptasikan Tecmo Koei untuk membuatnya sebagai sebuah seri “PS Vita” yang unik? Simak review ini.

Plot

The Three Kingdoms masih menjadi basis cerita utama untuk Campaign Mode Dynasty Warriors NEXT
Sejak kelahirannya di Playstation 2, Dynasty Warriors secara konsisten menghadirkan cerita kolosal klasik dari China – “The Three Kingdoms” sebagai basis plot. Hal yang sama juga dihadirkan untuk Dynasty Warriors NEXT. Seperti halnya seri-seri sebelumnya, plot penyatuan tiga kerajaan besar ini akan terbagi atas beberapa skenario yang berfokus pada cerita masing-masing Kerajaan. Karakter yang Anda gunakan akan ditetapkan berdasarkan skenario yang ada. Campaign Mode ini akan memberikan Anda cukup banyak waktu untuk menelan sebuah cerita kolosal fenomenal dalam rasa yang berbeda. Namun seperti yang sebagian besar kita tahu, sensasi Dynasty Warriors yang sebenarnya tidak terletak pada Campaign Mode yang ada, tetapi pada Free Mode, atau yang di NEXT dikenal sebagai Conquer Mode.
Berbeda dengan Free Mode yang selama ini kita kenal, Conquest Mode memberikan satu misi utama yang harus dilalui oleh gamer. Memilih satu dari Kerajaan yang ada, Anda diminta untuk menguasai satu daerah bagian per bagian. Setiap daerah akan memiliki tingkat level nya sendiri, yang didapat dari memenangkan pertarungan dan sistem lotre pada setiap giliran. Daerah yang memiliki level lebih tinggi memiliki keistimewaan untuk menginvasi dan menguasai daerah musuh dengan level yang lebih rendah. Setiap kali menginvasi, Anda akan terlibat dalam pertarungan ala Dynasty Warriors yang selama ini Anda kenal. Daerah akan terebut jika Anda berhasil menghancurkan kastil terakhir musuh dan mengalahkan sang pemimpin di sana. Setiap pertempuran akan menghasilkan experience points untuk karakter yang Anda gunakan, senjata ekstra, dan kemungkinan untuk mendapatkan karakter baru yang dapat digunakan dalam pertempuran. Poin yang didapatkan dapat didistribusikan untuk menguatkan senjata, karakter, dan memberikan effect tertentu sebelum pertempuran.
Conquest Mode membawa Anda pada misi untuk menguasai daerah musuh yang ada dengan sistem turn-based
Charge!!!
Selain Mode Campaign yang membawa Anda pada jalan cerita utama dan Conquest Mode yang begitu adiktif, Dynasty Warriors NEXT juga menyediakan Coalition Mode untuk bermain multiplayer secara ad-hoc bersama dengan PS Vita yang lain. Jika Anda tidak punya teman lain yang mungkin memiliki perangkat yang sama, Anda bisa mengaktifkan mode online untuk mendapatkan keuntungan tertentu sepanjang mode Campagin dan Conquest. Dengan mengaktifkan jaringan Wi-fi atau 3G pada PS Vita, Anda akan mendapatkan point ekstra untuk didapatkan setelah menyelesaikan misi tertentu.

v

Visualisasi yang Menawan


Details karakter yang digambarkan dengan baik
Desain lingkungannya sendiri juga tak kalah mengagumkan untuk ukuran sebuah game handheld
Kemampuan PS Vita untuk menghasilkan game dengan visualisasi yang menawan untuk ukuran sebuah handheld memang tidak perlu diragukan lagi. Uncharted: Golden Abyss mungkin menjadi yang pertama membuktikan hal tersebut, namun Dynasty Warriors NEXT mempertegasnya. Sebagian besar desain yang dihadirkan untuk seri NEXT ini memang didasarkan pada karakter Dynasty Warriors 7 yang hadir di konsol dan menghadirkan detail yang cukup serupa. Waluapun tidak datang dengan gambar sebaik versi konsolnya, namun secara garis besar NEXT datang dengan kualitas grafis yang memaksimalkan kemampuan PS Vita sesungguhnya. Lingkungan yang ada di tiap level juga dibangun dengan cukup baik. Jika ada hal yang Anda sukai dari Dynasty Warriors NEXT, maka grafis yang memanjakan mata akan menjadi salah satunya.
Walaupun visualisasi tampil sebagai salah satu kekuatan utama seri NEXT ini, namun Anda akan menemukan kelemahan yang terlihat cukup jelas. Kekuatan piranti keras PS Vita tampaknya belum cukup kuat untuk melakukan proses rendering semua elemen selama permainan secara langsung. Anda akan seringkali menemukan karakter musuh yang hilang dan muncul tiba-tiba, tenggelam, atau bahkan tidak terlihat sampai Anda mencapai jarak yang cukup dekat. Oleh karena itu, Anda perlu menyigapkan diri untuk semua kemungkinan buruk, terutama pada jumlah musuh sebenarnya yang perlu Anda kalahkan dan hancurkan di depan mata.

Mekanisme Gameplay Dynasty Warriors yang Berbeda

Pada dasarnya sistem gameplay hampir sama dengan seri DW sebelumnya, hanya saja kali ini dengan beragam fitur tambahan yang diadapatasikan untuk fungsi PS Vita
Tecmo Koei tentu tidak ingin menjadikan Dynasty Warriors NEXT sebagai sebuah seri lain yang dilahirkan begitu saja. Fitur dan fungsi unik yang diberikan Sony pada PS Vita memberikan kesempatan bagi Koei untuk mendatangkan sensasi sebuah seri DW yang berbeda. Sebuah hal yang nyatanya memang berhasil diterapkan untuk Dynasty Warriors NEXT. Ia harus diakui menghadirkan sebuah pengalaman yang berbeda, dimana fungsi layar sentuh dan accelerometer pada PS Vita memainkan peranan yang cukup penting di dalamnya.
Selain menghadirkan mekanisme gameplay konvensional ala Dynasty Warriors di masa lalu, Tecmo Koei menyuntikkan beberapa mekanisme baru yang memanfaatkan fungsi PS Vita secara maksimal. Anda akan bertemu dengan sistem seperti “Ambush” dimana tentara musuh akan menyerang Anda secara tiba-tiba dan permainan akan berjalan dalam gerak lambat. Mini game akan hadir dari melakukan slide atau menekan layar PS Vita pada arah tertentu untuk mementalkan serangan tertentu. Jika Anda berhasil, maka sekelompok musuh akan hancur dan jika gagal, maka Anda yang menerima damage.
Ada mini game memanfaatkan layar sentuh PS Vita ketika memasuki Ambush Mode
Untuk memunculkan efek Musou Special yang lebih kuat, Anda terkadang diminta untuk melakukan aksi tertentu dengan layar sentuh atau accelerometer PS Vita
Sistem touch-screen dan accelerometer kini juga memainkan peranan penting pada serangan special tiap karakter, atau yang sering dikenal sebagai “Musou Attack”. Selain menggunakan tombol aksi, Anda juga dapat mengeksekusinya dengan menekan kedua sisi tepi layar sentuh secara bersamaan. Menariknya adalah bahwa kekuatan serangan yang dihasilkan oleh setiap Musou Attack dapat diperkuat setelah dilepaskan, dan kesemuanya membutuhkan kemampuan layar sentuh ataupun accelerometer PS Vita. Contohnya, ketika Anda menggunakan sang legenda – Zhang Fei dan mengeksekusi Musou Attacknya. Selain serangan area di awal, Anda harus mengocok PS Vita Anda untuk menghasilkan efek yang lebih besar.
Tecmo Koei secara mengejutkan juga menyuntikkan gameplay ala game mobile fenomenal – Infinity Blade yang mengusung pertempuran secara duel – satu lawan satu. Di Dynasty Warriors NEXT, Anda akan seringkali berhadap-hadapan dengan Jenderal terakhir di dalam misi untuk pertarungan duel untuk menentukan apakah Anda berhasil merebut sebuah wilayah / menyelesaikan sebuah misi atau tidak. Sistemnya sendiri terhitung sederhana, dimana Anda hanya butuh untuk menghabiskan bar HP musuh hingga titik nihil. Selain menyerang membabi buta, Anda juga bisa mementalkan serangan yang ada dan menghimpun serangan untuk memunculkan efek stun. Ini menjadi pertama kalinya sebuah seri Dynasty Warriors menampilkan mekanisme seperti ini.
Pertarungan mano a mano..
Tidak ada lagi health bar untuk memperlihatkan kondisi karakter Anda. Kini digantikan dengan indikator merah di sekeliling layar, menyerupai game FPS Barat yang sedang tren saat ini
Perubahan beberapa mekanisme gameplay ini juga tidak selalu berhubungan dengan fitur dan fungsi PS Vita secara keseluruhan. Tecmo Koei juga menambahkan beberapa perubahan yang seolah diciptakan untuk menghadirkan kesan yang lebih familiar bagi gamer di dunia Barat. Anda tidak akan lagi bisa melihat bar HP untuk menentukan seberapa parah damage yang diterima oleh karakter Anda, karena seperti halnya game FPS di dunia Barat, Dynasty Warriors NEXT juga mengusung sistem indikator damage yang sama. Ketika Anda diserang maka layar diselubungi warna merah di sisi-sisi layar. Semakin padat warna yang ada maka semakin dekat karakter Anda pada situasi kritis. Sistem recovery yang diusung juga serupa, dimana karakter Anda akan pulih perlahan ketika tidak mendapatkan damage selama beberapa waktu.
Walaupun demikian, sebagian besar mekanisme gameplay masih serupa dengan seri-seri Dynasty Warriors sebelumnya, Anda datang, menghajar siapapun yang berada di depan mata, merebut wilayah dengan keuntungan tertentu, dan memenangkan setiap misi, mendapatkan points, memperkuat karakter, mengatur equipment, dan bertarung kembali. Salah satu yang berbeda adalah Anda kini punya kesempatan untuk menaiki kendaraan “ekstra” yang tersedia di dalam game, selain kuda tentunya. Selain elemen itu, permainan dasar pada NEXT hampir sama.


Dynasty Warriors Pertama dengan Character Edit


Ciptakan karakter yang Anda inginkan!
Ehm.. ta-da!
Character Edit tampaknya menjadi fitur wajib yang berusaha dihadirkan oleh semua developer saat ini untuk game apapun, termasuk Dynasty Warriors NEXT. Kehadiran mode seperti ini memang harus diakui dapat menghadirkan sensasi bermain yang lebih personal, sesuatu yang merepresentasikan diri kita di dalam video game. Untungnya, sistem character creation di NEXT terhitung sangat sederhana dan mudah untuk diaplikasikan. Anda bisa menciptakan karakter yang Anda inginkan dalam waktu yang terhitung singkat. Alternatif kostum dan aksesoris akan terbuka seiring dengan progress Anda berjalan selama memainkan Conquest Mode. Anda bisa menciptakan banyak karakter yang sesuai dengan personality Anda.

Gala Mode yang Fun

Oh yeah..we love you girls too..
Selain mode untuk menciptakan karakter Anda sendiri, NEXT juga menghadirkan sebuah mode baru yang juga tidak terdapat di seri-seri sebelumnya yang disebut – Gala Mode. Mode ini pada dasarnya adalah mode yang didesain untuk memenuhi kebutuhan gamer untuk menyalurkan hasrat untuk bersenang-senang lewat mini-mini game yang sederhana. Gala Mode juga menyediakan kesempatan bagi Anda untuk menciptakan wallpaper atau banner dengan menggunakan karakter-karakter yang ada dengan interface yang terhitung mudah. Anda bisa membuat tulisan, menambahkan gambar, hingga memunculkan kesan “Augmented Reality” lewat mode yang satu ini. Contoh hasilnya? Anda bisa melihatnya lewat gambar di atas.

Kesimpulan

Game yang wajib dikoleksi oleh para pemilik PS Vita
Dari semua elemen yang ditawarkan oleh Dynasty Warriors NEXT, Tecmo Koei harus diakui berhasil menghasilkan sebuah seri Dynasty Warriors handheld yang luar biasa menyenangkan. Di satu sisi, ia tetap menghadirkan gameplay dengan identitas utama Dynasty Warriors yang selama ini membuat gamer jatuh cinta, sementara di sisi yang lain, ia mengadaptasikan beberapa fungsi PS Vita untuk memunculkan pengalaman yang berbeda. Visualisasi yang memanjakan mata, Character Edit yang muncul untuk pertama kali, dan Gala Mode mungkin menjadi tiga hal paling utama yang membuat game ini tampil memesona untuk ukuran sebuah game handheld. Fungsi layar sentuh dan accelerometer dari PS Vita yang dimaksimalkan terkadang terasa cukup memaksa, terutama sistem “Ambush” yang sebenarnya tidak berpengaruh secara signifikan pada output permainan.
Secara garis besar, Dynasty Warriors NEXT masih menjadi seri yang kita cinta, terutama karena kekuatan Conquest Mode yang lebih kompleks dan tetap adiktif. Namun keterbatasan kemampuan PS Vita masih memunculkan masalah lain, seperti kemunculan beberapa musuh secara tiba-tiba karena keterbatasan kemampuan render dari handheld teranyar Sony ini. Walaupun tidak mengacaukan pengalaman bermain dalam level yang parah, ini akan cukup membuat Anda harus memprediksikan langkah selanjutnya dengan tepat. Namun di luar itu, semuanya berjalan sangat baik untuk menggambarkan potensi yang lebih besar untuk genre Musou PS Vita di masa depan.
Jika Anda termasuk pemilik handheld ini, maka Dynasty Warriors NEXT menjadi salah satu judul game yang patut Anda coba. Apalagi dengan game-game PS Vita region Barat yang kini mulai dirilis menawarkan harga yang terhitung jauh lebih murah dibandingkan versi Jepang. Anda bisa mendapatkan game ini hanya dalam kisaran Rp 300-350 ribu saja di toko-toko tertentu. Totally worth it!

Kelebihan

PS Vita, sekali lagi, memperlihatkan kekuatannya secara maksimal
  • Visualisasi yang menawan dengan level detail yang baik
  • Conquest Mode yang tetap adiktif
  • Gala Mode yang fun
  • Hadirnya Character Edit untuk menciptakan karakter versi kita sendiri
  • Adanya ad-hoc mode untuk multiplayer

Kekurangan

Berhati-hatilah dengan musuh yang bisa muncul tiba-tiba!
  • Pemanfaatan fitur PS Vita yang terkesan memaksakan
  • Sistem Duel yang tidak butuh banyak strategi
  • Musuh yang terkadang tiba-tiba muncul di depan mata
Cocok untuk: Gamer yang menggemari seri DW dan memiliki PS Vita
Tidak cocok untuk: Gamer yang menggemari seri DW dan tidak memiliki PS Vita (yes, we can cry!)

SUMBER 

Previous
Next Post »

Link Pemerintah

Kota Jambi
Sungai Penuh
Pustekkom
Gebyar TIK
Smansa Dedikasi
Kemendikbud
Rumah Belajar
NISN
TV Edukasi
Indonesia