Review Naruto Shippuden Ultimate Ninja Storm Generations: Hanya untuk Para Fans Sejati!



Pantang menyerah, potensi kekuatan yang besar, naif, tak mengenal rasa takut, dan berjalan dalam garis moral tanpa celah memang cukup menggambarkan sosok kepahlawanan salah satu karakter anime paling “klise” ini – Naruto. Sebagai salah satu anime yang berhasil mencapai popularitas yang luar biasa di Indonesia, Naruto memang telah menjelma menjadi sosok tokoh idola bagi sebagian besar anak-anak di masa sekarang. Gerakan pemungkas andalan yang digambarkan destruktif, plot dan konflik yang memancing rasa penasaran, dan gaya visualiasi yang indah memang membuat anime ini mendapatkan basis fans yang terhitung besar. Tidak mengherankan jika banyak developer yang berusaha mengadaptasikannya sebagai sebuah video game.
Kehadiran Naruto di jagat industri game memang bukan lagi sesuatu yang baru. Sejak popularitasnya baru menanjak, ia sudah menjadi salah satu franchise anime yang paling sering muncul di konsol lawas – Playstation 2. Kehadiran konsol generasi saat ini – XBOX 360 dan Playstation 3 juga perlahan mulai menjadi tempat yang nyaman bagi ninja dengan pakaian orange-nya yang khas ini. Walaupun sebagian besar datang sebagai game fighting, setiap seri yang menggunakan nama Naruto, seri original maupun Shippuden yang menceritakan kehidupan masa dewasanya, seringkali berhasil mencapai kesuksesan yang luar biasa. Dengan momentum yang secara konsisten baik ini, Naruto memang menjadi anime dengan “jadwal” rilis yang seolah tampil pasti. Seri terbarunya? Naruto Shippuden Ultimate Ninja Storm Generations dari CyberConnect2 dan Namco Bandai.
Dari begitu banyak seri game fighting bertemakan Naruto yang hampir mirip satu sama lain, lantas kelebihan apa yang diusung oleh Naruto Shippuden Ultimate Ninja Storm Generations ini? Mengapa ia menjadi sebuah seri yang pantas untuk dikoleksi oleh para fans sejati franchise anime ini?
Naruto Shippuden Ultimate Ninja Storm Generations yang kami mainkan ini adalah versi XBOX 360. Karena tidak ada perbedaan yang signifikan dengan versi Playstation 3 dan untuk memastikan managemen konten yang lebih mudah bagi pembaca, kami menempatkanya di sesi Playstation.

Plot

Shippuden tetap menghadirkan cerita yang berfokus pada petualangan sang Naruto "dewasa"
Semua penggemar anime Naruto tentu mengerti bahwa embel-embel penggunaan kata “Shippuden” di belakang nama judul Naruto sendiri sudah cukup memberikan gambaran plot yang akan dihadirkan. Bagi mereka yang awam? Shippuden merupakan seri yang melekat pada petualangan Naruto setelah event latihan intensnya dengan sang guru – Jiraiya. Salah satu ciri utama yang melekat pada Shippuden adalah penggambaran karakter Naruto yang lebih dewasa dan cerita yang berfokus pada kelompok Akatsuki, khususnya pada sosok Tobi yang misterius. Pertanyaannya kini tentu pada seberapa jauh game ini akan membawa kita menyelami alur “Shippuden”? Karena sejauh ini, cerita yang dihadirkan lewat manga dan animenya sendiri belum mencapai konklusi akhir.
Lewat Story Mode, Anda akan dapat menyelami cerita pada batas akhir – pertemuan kelima Kage yang membahas langkah perlawanan melawan Akatsuki dan semua pertarungan yang terjadi sebelum event besar yang satu ini. Namun berbeda dengan game Naruto sebelumnya yang hanya berfokus pada petualangan sang karakter utama, Ultimate Storm Generations menghadirkan satu timeline yang sama namun dari berbagai sudut pandang yang berbeda. Story Mode yang ia hadir memungkinkan Anda untuk berperan dan melihat cerita dari kacamata beberapa karakter signifikan yang ada, dari Sasuke hingga Kakashi muda.  Anda juga tetap berkesempatan untuk menggunakan Naruto muda dan memulai cerita ini dari awal, sebelum Shippuden.
Anda kini dapat menikmati timeline utama cerita dari sudut pandang karakter yang beragam
Mizukage yang "panas"
Namun sayangnya, berbeda dengan seri Ninja Ultimate Storm sebelumnya atau seri lain seperti Broken Bonds, Anda tidak lagi berkesempatan untuk menjelajahi kota Konoha yang indah dan terlibat dalam sebuah petualangan yang “role-playing”. Ulltimate Ninja Storm Generations datang sebuah seri ringkas yang “to the point”. Story Mode kini hanyalah menghadirkan satu plot utama yang terangkai dalam potongan-potongan anime dan cut-scene deskriptif tanpa ada kesempatan untuk mengeksplorasi. Anda hanya akan dibawa dari satu pertarungan ke pertarungan lainnya, tanpa jeda. Sebagian gamer mungkin menyukai konsep yang lebih sederhana ini, sementara mereka yang jatuh cinta dengan seri-seri sebelumnya akan melihatnya sebagai salah satu pengurangan fitur yang terlalu “fatal”.


Tetap Hadir Dengan Sistem Battle yang Serupa


Sistem pertarungan yang dihadirkan tetap sama, menghadirkan lingkungan tiga dimensi yang memungkinkan Anda untuk bergerak bebas
Berbeda dengan seri-seri game fighting di masa lalu, ada kecenderungan bahwa game-game fighting berbasis anime saat ini lebih sering ditampilkan dalam konsep pertarungan tiga dimensi yang terkesan lebih bebas. Daripada sekedar bergerak dan menghajar dari satu sisi ke sisi lainnya, Anda diberi kebebasan untuk menggerakkan karakter dalam lingkungan model tiga dimensi, dimana Anda bisa bergerak ke arah manapun. Naruto Shippuden Ultimate Ninja Storm Generations juga mengusung konsep pertarungan yang sama. Sistem kamera yang dinamis juga mampu memastikan tidak akan ada karakter yang dirugikan dalam pertarungan, walaupun Anda berada dalam posisi jauh sekalipun. Untuk urusan yang satu ini, Ultimate Ninja Storm Generations patut diacungi dua jempol.
Sistem pertarungan yang ada juga memastikan Anda dapat mengeksekusi semua jenis serangan dengan mekanisme yang sangat sederhana. Menekan tombol pukulan dan arah akan menampilkan kombo serangan panjang yang akan diakhiri dengan satu serangan besar yang sinematik. Berbeda dengan game fighting lain yang mengandalkan penguasaan pada kombinasi kombo dan jurus besar, Ultimate Ninja Storm Generations hanyalah soal eksekusi gerakan dalam timing yang tepat. Menghindari serangan musuh dengan replacement jutsu dan melakukan counter-attack serta mencari waktu yang tepat untuk melancarkan serangan terkuat akan menjadi esensi dari setiap pertarungan yang akan Anda temui. Anda juga bisa memanfaatkan anggota tim yang lain untuk melancarkan serangan kecil yang akan membuat musuh “sibuk” sementara Anda mengatur strategi serangan selanjutnya.
Yang terpenting adalah mencari timing yang tepat untuk melancarkan serangan secara terbuka. Mekanisme combonya sendiri tampil sangat sederhana, hanya tinggal menekan tombol pukulan berkali-kali hingga sebuah serangan akhir yang kuat muncul.
Serangan spesial dengan damage dan efek yang luar bisa juga dapat dieksekusi dengan mudah
Setiap serangan spesial ini akan datang dengan efek-efek sinematik yang memanjakan mata
CyberConnect2 juga tampaknya masih bertahan dengan konsep game fighting yang lebih dititikberatkan pada pengalaman secara “visual” daripada menghadirkan kompleksitas “standar” yang biasanya dihadirkan oleh sebuah game fighting. Eksekusi jurus besar pun dapat dilakukan dengan sangat mudah. Anda hanya tinggal mengumpulkan chakra dalam jumlah yang cukup, mempersiapkan diri Anda dengannya (yang terlihat sebagai api biru yang menyala di sekeliling tubuh karakter) dan tinggal menekan tombol pukulan untuk menghasilkan satu serangan andalan dengan damage besar. Selanjutnya? Menikmati semua efek dan ledakan yang memanjakan mata.
Kesederhanaan yang ditampilkan oleh Ultimate Ninja Storm Generations ini membuatnya dapat diakses oleh tipikal gamer manapun, bahkan termasuk mereka yang tidak familiar dengan game fighting sebelumnya. Boleh disimpulkan bahwa seri terbaru game Naruto ini juga tetap lebih mementingkan unsur fun, dengan fokus untuk menjaring penggemar anime Naruto di seluruh dunia.

Segudang Karakter Ikonik untuk Anda Gunakan

Selain sistem pertarungan yang berjalan lebih halus dan mengalir dibandingkan seri pendahulunya, Ultimate Ninja Storm Generations juga memiliki segudang karakter ikonik dari seri anime dan manga yang sudah pasti Anda kenal, tentu saja jika Anda merupakan salah satu penggemar franchise ini. Ada kurang lebih 72 karakter playable yang bisa Anda gunakan dalam mode Free Battle melawan teman Anda ataupun Online Battle melawan gamer di seluruh dunia. Hampir semua karakter familiar dari petualangan awal Naruto hingga pertempuran epiknya melawan Pain di Konoha dihadirkan di sini, termasuk para Kage dan Hokage masa lalu. Cara untuk membukanya? Anda harus menyelesaikan setiap cerita dari setiap karakter di Story Mode.
Anda hanya tinggal menyelesaikan semua jalinan cerita di Story Mode untuk membuka semua karakter yang tersedia (yang sayangnya, belum sempat kami lakukan, seperti yang dapat Anda lihat di screenshot di atas)
Seperti karakteristiknya di seri anime dan manga, Deidara tetap hadir sebagai karakter yang berfokus pada serangna jarak jauh
Keunggulan utama game ini tidak hanya sekedar dari menghadirkan karakter dengan jumlah yang begitu besar, tetapi juga adaptasi “karakteristik” yang terhitung mumpuni untuknya. Identitas paling utama setiap karakter mampu ditampilkan dengan ciamik, dari segi desain hingga gaya bertarung khas yang memang identik dengan karakter-karakter tertentu. Contohnya? Salah satu anggota Akatsuki – Deidara yang memang dikenal sebagai “ahli peledak” dan spesialis serangan jarak jauh. Dengan feel yang sama dengan seri animenya, Anda juga akan menemukan sosok Deidara dengan fokus kemampuan dan gaya menyerang yang serupa di Ultimate Ninja Storm Generations ini.

Nikmati Konten-Konten Original yang Belum Pernah Ada Sebelumnya!

Apa yang membedakan antara Naruto di versi manga dan anime? Mengapa lebih banyak penggemar seri ini yang lebih memilih untuk mengikuti versi manga yang ada daripada seri anime walaupun ia menghadirkan kesan yang lebih “hidup” lewat gerakan yang dinamis? Jawabannya tentu ada kontroversi hadirnya episode-episode filler yang seringkali membuat cerita di anime jauh lebih lambat daripada versi manga. Sementara di sisi lain, manga, waluapun statis, hadir dengan timeline yang efektif tanpa harus dipusingkan dengan sisi cerita lain yang terkadang tidak berkontribusi signifikan pada timeline utama. Lantas apa hubungannya dengan seri Storm Generations kali ini? Percaya atau tidak, CyberConnect2 ternyata menghadirkan cukup banyak konten “filler” original yang hebatnya, memiliki keterkaitan yang sangat kuat dengan jalinan cerita utama yang ada, sehingga membuatnya sebagai salah satu daya tarik yang akan sulit ditolak oleh para penggemar Naruto, baik penikmat manga ataupun animenya.
Naruto Shippuden Ultimate Ninja Storm Generations menyediakan konten-konten orisinil yang melengkapi latar belakang cerita karakter yang ada
Minato dan Hatake Kakashi muda. Apa yang sebenarnya terjadi?
Salah satu contohnya adalah latar belakang cerita yang menyelimuti salah satu sosok ninja paling misterius di keseluruhan dunia Naruto – Hatake Kakashi. Jika di seri manga dan anime, Anda hanya diberi kesempatan untuk melihat sekelibat masa lalu Kakashi yang terkait dengan Uchiha Obito dan mata Sharingan yang didapatkannya, maka Ultimate Ninja Storm Generations ini datang dengan latar belakang cerita yang lain. Game ini menghadirkan konten orisinil yang menceritakan kedekatan masa kecil Kakashi dengan sosok sang guru – Minato, ayah dari Naruto sendiri. Hebatnya lagi? Konten-konten orisinil ini disajikan dalam bentuk anime high-definition dengan kualitas yang luar biasa. Sebuah “godaan” yang tidak mungkin ditolak oleh pecinta seri Naruto.


Kesimpulan


Tobi approves this game for all Naruto fans!
Naruto Shippuden Ultimate Ninja Storm Generations yang dikembangkan oleh CyberConnect2 dan Namco Bandai ini hadir sebagai sebuah seri game fighting Naruto yang tidak jauh berbeda dengan seri-seri sebelumnya. Anda masih disajikan dengan lingkungan pertarungan tiga dimensi yang interaktif dan mekanisme eksekusi gerakan yang sangat sederhana. Salah satu keunggulan utama yang membuatnya berbeda, tentu saja selain visualisasi dan gerakan yang terasa lebih baik, adalah pada konten-konten orisinil yang disisipkan oleh CyberConnect2 untuk memberikan gambaran yang lebih sempurna tentang latar belakang karakter-karakter ikonik di dunia Naruto yang luas. Hebatnya lagi, konten-konten ini disajikan dalam gaya high-definition anime yang tentu saja memanjakan mata. Selain itu, 72 karakter playable dengan “identitas” masing-masing yang unik tentu saja akan menyemarakkan pertarungan bebas Anda, apalagi jika Anda memmainkannya bersama dengan teman lain yang juga merupakan penggemar versi manga atau animenya.
Sayangnya, dibalik semua kelebihan yang ia tawarkan untuk pertama kalinya, Ultimate Ninja Storm Generations ini juga mengandung banyak kelemahan dan pengurangan fitur yang terasa fatal dibandingkan seri-seri pendahulunya. Dihilangkannya mode eksplorasi dan fokus Story Mode yang hanya bergerak dari satu pertarungan ke pertarungan yang lain tentu menjadi blunder yang sulit untuk ditoleransi. Selain itu, ia juga kehilangan sentuhan sinematik yang begitu kental di seri-seri sebelumnya. Kelemahan lainnya? Anda akan menemukan sistem Shop yang memang didesain untuk memberikan nilai tambah dan sense of purpose ketika memainkan game ini. Namun sayangnya, hampir semua item yang ditawarkan di dalamnya sama sekali tidak menarik perhatian. Ini tentu menjadi nilai minus yang harus diperhatikan jika CyberConnect2 ingin merilis lebih banyak seri Naruto di masa depan.
Apakah Naruto Shipudden Ultimate Ninja Storm Generations adalah sebuah game fighting yang fantastis? Untuk para penggemar Naruto, ia mungkin akan memberikan sensasi tersebut lewat jumlah karakter playable yang melimpah dan konten orisinil yang disuntikkan untuknya. Namun bagi gamer yang bahkan tidak pernah tertarik untuk menyaksikan Naruto sebelumnya? Game ini hanya akan menjadi sebuah game fighting sembari lalu yang bahkan tidak akan mampu meninggalkan kesan sama sekali.

Kelebihan

Sistem battle yang sederhana tentu membuat game ini terkesan lebih fun
  • Pertarungan yang terasa lebih mengalir
  • Jumlah karakter playable yang banyak
  • Konten orisinil yang menarik
  • Sistem battle yang sederhana
  • Kualitas anime dalam high-definition yang indah

Kekurangan

Story Mode tanpa mode eksplorasi menjadi blunder yang paling fatal
  • Story Mode yang linear tanpa mode eksplorasi
  • Sistem Shop yang kurang “menggigit”
  • Kehilangan sentuhan sinematik yang sudah tampil bagus di seri sebelumnya
Cocok untuk gamer: penggemar fanatik seri Naruto (baik dari manga maupun anime nya)
Tidak cocok untuk gamer: yang tidak  pernah mengenal Naruto sebelumnya, yang membutuhkan sebuah game fighting berkualitas tinggi dan kompetitif.

SUMBER

Previous
Next Post »

Link Pemerintah

Kota Jambi
Sungai Penuh
Pustekkom
Gebyar TIK
Smansa Dedikasi
Kemendikbud
Rumah Belajar
NISN
TV Edukasi
Indonesia